Tuesday, February 2, 2016

Manfaat Sayur Bayam Horenso Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sayur Bayam Horenso Bagi Kesehatan Tubuh - Sayuran yang sering dipanggil Horinso, Horenzo oleh masyarakat kita ini sebenarnya berasal dari Negera Jepang dan dimakan daunnya saja. Horenso sendiri masuk dalam genus Spinacia dan bisa dijumpai pada supermarket atau toko sayuran. Tanaman ini tidak cocok di iklim tropis seperti negara kita karena jika ditanam Horenso akan cepat berbunga dan tidak banyak menumbuhkan daun. Seperti kebanyakan dari keluarga Spinacia, Horenso juga memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh manusia.

Manfaat Bayam Horenso

Spinacia sering kali dipakai oleh orang Eropa sebagai masakan campuran untuk salad, diketahui juga wilayah Laut Tengah juga banyak menggunakan Spinacia untuk masakan mereka. Di India sendiri sayuran jenis ini biasa dimasak pada "paneer" yaitu semacam makanan keju atau dengan palak memakai kentang.

Manfaat Sayur Bayam Horenso


Hal yang harus diingat dari sayuran Spinacia dan keluarga Spinach lainya adalah, jangan pernah memberikan olahan Spinacia yang dimasak berulang-ulang untuk bayi dibawah 6 bulan. Mungkin untuk orang dewasa hal ini tidak menjadi masalah, ini karena sayuran Spinacia yang melalui pemanasan berulang-ulang akan mengoksidasi zat besi pada sayuran tersebut dan dapat meracuni bagi bayi.

Meskipun Spinacia sering disebut sebagai "bayam" sebenarnya ada perbedaan dalam Spinacia dan bayam yang sering orang umum ketahui, bahkan rasa dari kedua sayuran ini berbeda.

Seperti sayuran bayam, Horenso ini juga memiliki banyak kandungan yang bagus untuk tubuh. Didalam 100 gram Horenso terdapat energi 22 kalori, air 91,58 gram, lemak 0,35 gram, protein 2,86 gram, serat 2,7 gram, karbohidrat 3,5 gram.

100 gram Horenso memiliki komposisi mineral : magnesium 79 mg, kalsium 99 mg, besi 2,71 mg, kalium 558 mg, fosfor 49 mg, seng 0,53 mg, natrium 79 mg, selenium 1 mkg, tembaga 0,13 mg, dan mangan 0,897 mg.

Kandungan gizi utama pada keluarga Spinach adalah vitamin dan mineral, Horenso memiliki kandungan vitamin A, K, C, B1, B2, B6, E, dan asam folat. Dengan mengkonsumsi secangkir Horenso rebus, Anda sudah mendapatkan sumber mineral magnesium, mangan, besi, kalium, kalsium, fosfor, seng, dan tembaga.

Anda bisa memasukkan sayur Horenso didalam daftar masakan harian, karena gizi yang ada didalam Horenso sangat bagus bagi pertumbuhan anak-anak. Nah, itulah informasi tentang Gizi Horenso yang baru saja Anda baca. Lihat juga Manfaat Daun Nanas Kerang dan jangan lupa share artikel ini.
thumbnail
Judul: Manfaat Sayur Bayam Horenso Bagi Kesehatan Tubuh
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Manfaat Tanaman :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - Disclaimer
Template Seo Elite oleh Bamz