Monday, March 9, 2015

Kenalan Dengan Buah Gowok Yuk?

Kenalan Dengan Buah Gowok - Mungkin bukan hanya saya saja yang baru mendengar tentang nama buah gowok. Dari sedikit blog yang saya jadikan referensi, buah gowok ini diketahui masuk pada golongan jambu-jambuan. Pada beberapa tempat, buah ini juga disebut dengan nama kepa, gohok, dompyong dan kupa. Buah gowok bisa ditemukan di wilayah pulau jawa dan kalimantan.

Gowok biasanya di tanam pada lahan wanatani dan pekarangan kebun. Anda juga bisa menjumpai tanaman ini di alam liar dengan ketinggian 200-1800 meter.

Buah Gowok


manfaat buah gowok kepa kupa

Jika dilihat sekilas, buah yang memiliki bentuk lonjong ini mirip sekali dengan Jambu Solo. Buahnya pun menempel di tangkai yang masih hijau mirip dengan buah Duwet. Ukuran gowok juga terbilang kecil seukuran Duku atau Langsep. Warna kulit dari buah ini berwarna ungu ketuaan, dan berwarna merah jika masih muda. Rasanya yang sepat-sepat asem, dan dagingnya yang putih sangat mirip dengan daging manggis. Daging gowok juga mempunyai kadar air yang cukup banyak dan terdapat biji lonjong pada buahnya.

Buah gowok banyak ditanam untuk diambil buahnya, dan biasanya banyak dijual di beberapa tempat untuk dijadikan kudapan atau untuk tambahan rujak. Kayu dari buah gowok terkadang juga dijadikan sebagai kayu bangunan dan properti rumahan. Baca juga manfaat daun seledri untuk tubuh.
thumbnail
Judul: Kenalan Dengan Buah Gowok Yuk?
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Manfaat Buah :

1 comments:

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - Disclaimer
Template Seo Elite oleh Bamz