Tuesday, December 23, 2014

Inilah Manfaat Daun Antanan untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Antanan Bagi Kesehatan Tubuh - Antanan atau juga sering disebut Pegagan ini umumnya tumbuh liar pada permukaan tanah. Biasanya tanaman ini tumbuh perkampungan, persawahan, pinggir balong, dan terkadang bisa ditemukan di dekat pinggir-pingir jalan. Dalam pedesaan, tanaman antanan ini sering dijumpai dipinggir rumah. Untuk khasiat dari manfaat Antanan akan saya uraikan dibawah ini:

manfaat daun antanan
Manfaat Daun Antanan

Manfaat Daun Antanan Bagi Tubuh


Sudah lama nenek moyang kita menggunakan tanaman antanan sebagai ramuan herbal untuk memperlancar peredaran darah serta mengatasi penyakit kulit. Di daerah jawa barat, masyarakatnya biasa menggunakan tanaman ini sebagai bahan lalapan dengan sambal untuk menambah rasa yang kuat. Manfaat antanan juga bisa dijadikan sebagai obat gangguan saraf.

Antanan atau tanaman yang bernama latin Centella Asiatica pertama kali diketahui berasal dari benua Asia beriklim tropis. Kemudian tanaman ini terus menyebar luas ke Asia lainya, lalu Australia, Cina, Jepang, India, Indonesia dan ke negara-negara yang lainya. Selain disebut Antanan di indonesia juga disebut sebagai daun kaki kuda.

Pada tanaman antanan terkandung asiaticoside, brahmc acid, thankuniside, brahmoside, isothankuniside, madecassoside, brahminoside, vellarine, madasiatic, hydrocotylin, meso-inositol, carotenoids, centelloside, tanin, zat besi dan kalsium. Selain itu ada juga magnesium, natrium dan tak kalah penting adalah garam mineral pada setiap antanan. Memang rasa dari tanaman ini agak pahit, itu karena senyawa vellarine yang ada didalamnya.

Antanan bisa dijadikan sebagai obat infeksi pada saluran kencing, juga Anda yang mempunyai air kencing berwarna keruh. Rebus kira-kira 30 gram antanan menggunakan air dari sisa cucian beras hingga mendidih. Setelah air rebusan hangat, segera minum ramuan tersebut. Lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Anda yang mempunyai masalah dengan pembekakan hati, bisa menggunakan alternatif ini dengan cara; pilih antanan 600 gram yang masih bagus lalu cuci bersih. Setelah itu rebus antanan sampai mendidih dan dinginkan. Minum ramuan tersebut sampai hasil yang di inginkan.

Antanan bisa dijadikan obat untuk orang yang mengidap penyakit bisul. Rasa dari tanaman antanan yang asam manis ini bisa membersihkan darah untuk penderita penyakit bisulan. Untuk pengaplikasian, cukup ambil antanan kira-kira 40-60 gram, kemudian rebus hingga mendidih dan dinginkan. Minum air rebusan untuk terapi pengobatan bisul. Bisa juga dengan mengunyah daun antanan secara halus, kemudian tempelkan ke bagian yang ada bisulnya.

Anda yang mempunyai anak mimisan atau batuk berdarah, bisa menggunakan obat herbal dari antanan ini. Ambil 70-90 gram antanan dan masak hingga mendidih. Setelah dingin minumkan kepada si penderita.

Jika antanan dijadikan sebagai teh, khasiat yang didapat adalah membersihkan cacing yang ada pada perut dan juga untuk menambah nafsu makan. Sangat cocok dikonsumsi untuk anak-anak.

Anda juga bisa menggunakan tanaman ini sebagai obat mata merah atau mata yang membengkak dengan cara menumbuk halus daun antanan, kemudian tuangi dengan air bersih dan disaring. Teteskan pada mata yang mengalami masalah.

Memang ada banyak manfaat daun antanan bagi kesehatan tubuh. Selain di olah dengan cara direbus, antanan juga enak untuk dijadikan sebagai bahan lalapan. Karena tanaman ini sudah diketahui untuk memperlancar aliran darah didalam tubuh terutam untuk bagian pergelangan kaki. Tidak ada salahnya Anda mulai mengkonsumsi daun antanan ini. Itulah informasi kesehatan tentang manfaat antanan atau pegagan dan lihat juga manfaat bunga anggrek yang baik untuk kesehatan.
thumbnail
Judul: Inilah Manfaat Daun Antanan untuk Kesehatan Tubuh
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Khasiat Daun, Manfaat Tanaman :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - Disclaimer
Template Seo Elite oleh Bamz