Friday, April 24, 2015

Manfaat Daun Mayana atau Miana yang Dapat Mengusir Batuk

Mungkin hanya sedikit orang yang tahu daun mayana atau miyana. Daun ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi orang Sulawesi. Khasiat dari daun mayana sendiri bisa untuk menyembuhkan batuk, korengan, dan mencuci perut kita. Ramuan ini terkadang bisa Anda jumpai di kota Manado dan bahkan di Jakarta.

manfaat daun mayana miana
Manfaat Daun Mayana atau Miana Bagi Tubuh


Cara paling mudah untuk membuat ramuan tradisional dengan daun mayana adalah: Sediakan mayana sebanyak 7 lembar saja, kemudian daun di cuci bersih dan ditumbuk halus. Setelah itu, ambil tumbukan daun dan kasih air panas, kemudian disaring ambil airnya. Tambahkan madu asli sebagai penyeimbang dan kuning telur jika diperlukan. Setelah itu aduk merata dan siap diminum.

Menurut Marten Tangyong, cara lain dari daun mayana atau miana dari penuturun orang Toraja adalah dengan membuatnya sebagai bahan sayuran. Mereka menyebutnya dangan nama "Bulu Nangko" dan biasanya sebagai pendamping sayuran lain atau untuk membungkus potongan daging hewan. Selain daging, mereka juga menggunakanya pada ikan lele dan belut untuk menghilangkan bau amis.

Bagi yang mempunyai masalah korengan, Anda cukup menghaluskan daun miana dan tempelkan pada area yang di inginkan. Untuk ibu-ibu yang baru saja melahirkan bisa mengunyah daun miana sebagai alternatif membersihkan isi perut supaya buang hajatnya lancar.

Itulah sekilas info tentang manfaat daun mayana atau miana bagi kesehatan tubuh. Jika Anda mengetahui manfaat dari daun ini, silakan informasikan dibagian komentar dibawah. Saya akan sangat berterimakasih. Kunjungi juga artikel kesehatan menarik lainya yaitu buah durian baik bagi otak manusia dan nantikan postingan kesehatan di lain waktu.
thumbnail
Judul: Manfaat Daun Mayana atau Miana yang Dapat Mengusir Batuk
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Khasiat Daun, Manfaat Tanaman, Obat Tradisional :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - Disclaimer
Template Seo Elite oleh Bamz